CROPPING AND TRANSPARENCY TOOL

 

CROPPING AND TRANSPARENCY TOOL

 



Alhamdulillah, tak terasa sudah masuk hari keempat, ni, sobat petualang bahagia. Seperti ada alarm alami yang mengingatkan, ketika aku mendekati laptop, maka tutor tercinta langsung mendekat. Jadwal kemandirian kami berdua yaitu belajar editing gambar dan membuat desain gambar sederhana.

Kami sama-sama sedang belajar. Jika aku memilih coreldraw, suami sedang memperdalam belajar photoshop untuk membuat animasi atau gift. Mungkin, suatu saat aku akan kembali meminta waktunya untuk privat lagi. Aamiin.

Nah, sesuai rencana kemaren, hari ini aku ingin belajar crop tool. Setelah tanpa sengaja salah klik dan icon crop menghilang, hari ini aku akan bertanggungjawab belajar melakukan cropping yang benar.

Desain yang dipilih masih tentang membuat desain gambar dari gabungan beberapa background. Aku pun tak percaya, Ada empat gambar dasar untuk background yang dibuat. Semuanya memanfaatkan fungsi icon crop tool.

Jadi, seperti biasa, setelah mengatur media dan memasukkan wallpaper, aku mengatur dan mengambil bagian gambar yang diinginkan. Sisa yang tidak dipakai dibuang dengan crop tool. Caranya, tetap klik kanan, edit power clip, dan klik gambar yang akan diedit. Lalu, pilih crop tool. Posisikan gambar mana yang akan diambil dan double klik jika sudah. Ulangi langkah yang sama untuk gambar lain.

Selanjutnya, aku menambahkan foto diri kami berdua sebagai objek pelengkap. Mengatur posisi dan menyatukan gambar. Agar makin ramai, objek gambar ditambah dengan dua sosok binatang lucu. Ada kucing dan tupai yang ikut dimasukkan. Nah, materi kemaren tentang transparency tool kembali diasah. Fungsinya untuk menghilangkan atau menyamarkan bagian pada gambar yang disatukan dengan background agar gambar tampak nyata. Wow, benar-benar tipuan digital, ya?

Aku belajar lagi. Klik gambar gelas miring, klik pada gambar dan sesuaikan kecerahan. Jika sudah pas, klik bitmaps dan pilih convert to bitmaps. Lakukan sampai gambar yang akan ditonjolkan tidak memiliki garis tepi.

Gambar sudah selesai, saatnya memberikan sedikit tulisan sebagai pesan pemanis. Bermain contour lagi untuk memadukan warna. Namun, suami tercinta minta memakai cara lain. Yaitu memberi effect teks dari warna pada sebuah gambar. Akhirnya, tangan suami mengambil alih untuk membantu dan selesai sudah gambar sederhana hari ini.

 

 

TEMUANKU:

Aku tidak mandiri dalam hal menggunakan icon crop tool.

Target kemandirian yang ingin dilatihkan adalah setidaknya aku bisa membuat desain gambar latar dari beberapa gambar yang digabungkan. Kemudian memotongnya di bagian yang hanya dibutuhkantanpa bantuan tutor lagi.


Srong why:

Aku ingin melatih kemandirian ini karena aku ingin bisa membuat desain gambar yang bagus sebagai postingan sosial media dengan aplikasi coreldraw secara mandiri.

 

Strategi untuk melatih kemandirian:

1. Meminta bantuan suami sebagai tutor

2. Mencatat hal yang sudah dipelajari

3. Berlatih dan terus berlatih agar terampil

 

 Sukses apa aku hari ini?

Alhamdulillah, aku sudah bisa membuat desain gambar sederhana dan sudah menerapkan beberapa fungsi icon seperti contour, transparency tool, dan crop tool.

 

 Tantanganku hari ini:

Aku melakukan klik cropping di luar gambar object sehingga muncul tampilan yang berbeda dan tidak seperti yang diharapkan. Bahkan dengan memilih undo pun masih sama. Jadi, suami membantu dengan mencari solusi sampai akhirnya klik escape untuk membersihkan perintah.

 

Ingin sukses apa esok hari?

Besok, aku ingin bisa menyelesaikan desain gambar sendiri dengan ditambah tulisan dan memberinya effect warna yang diambil dari sebuah wallpaper.

 

 

 Rasaku hari ini:

Alhamdulillah, aku merasa BAHAGIA sudah berhasil membuat gambar latar dan tahu fungsi crop tool, fungsi tombol shift plus page down dan shift plus page up.

 

Bismillah, semoga esok bisa belajar lebih baik lagi dan berhasil mewujudkan rencana hari ini. Aamiin. Don’t teach me, I love to learn.

 

 #harike4

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

#banyumasraya

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal Usul Burung Walet

Pelatihan Jurnalistik

Ibu Wajib Mengajarkan Al Fatihah Kepada Anaknya