Cerita Tante & Vito #11

 Cerita Tante & Vito #11

"Aku Bisa Mandi Sendiri"




Lima hari terakhir tantangan. Aku beralih melatih kemandirian ponakan. Namanya Vito, usia 6 tahun pada September lalu. Baru mulai masuk TK, tapi belajar dari rumah.


Vito adalah anak dari abang keduaku. Bapak ibunya kerja di luar kota, sedang Vito dititipkan bersama simbah di rumah. Meski nyatanya, dia lebih mengandalkan aku, tantenya.

 
Tentu bukan tanpa alasan, kenapa aku memilih melatih kemandirian padanya. Tujuannya agar ia bisa mandiri. Todak manja dan sedikit-sedikit merengek seperti adatnya. Aku yakin dia bisa melakukan kebutuhannya sendiri jika dilatih.


Apabila sudah mulai, paling tidak dia bisa menyiapkan dirinya. Minimal bisa mandi sendiri, lulus toilet training, makan sendiri, dan merapikan mainan. Belajar bertanggungjawab dengan benda miliknya.


Nah, pagi ini aku ingin dia mandi dan pakai baju sendiri. Sengaja kupilih Ahad saat aku free dari pekerjaan di rumah. Biasanya, jam tujuh aku harus sudah siap untuk aktivitas.


"Mas, ayo mandi. Tante sama Mbah mau pergi, ikut?" kataku memancing agar mau mandi pagi.


"Ikut, mandi pakai air hangat, Te."


"Ya. Tante siapin airnya, Vito mandi sendiri."


Kusiapkan air dan handuknya, kemudian membiarkan Vito mandi sendiri. Biarkan lama. Namun, tetap ingatkan untuk sikat gigi dan cuci muka dengan benar.


Selagi Vito mandi, aku menyiapkan baju. Ya, aku belum melatih dia memilih baju sendiri meski terkadang juga mengambil sendiri dengan asal.


"Vito mandi sendiri apa sama Om?" tanyaku melihat dia masuk sudah berbalut handuk.


"Sendiri."

Aku pun menggosokan minyal telon ke badannya. Kemudian meminta dia memakai baju sendiri. Tak lupa ingatkan untuk memasukan tangan kanannya lebih dulu agar terbiasa.



TEMUANKU:

Usia ponakan 6 tahun. Target kemandirian yang ingin dilatih adalah bisa mandi dan pakai baju sendiri dengan benar.


Srong why:

Aku ingin melatih kemandirian ini agar Vito bisa dan terbiasa mandi sendiri. Kemudian memakai bajunya dengan mendahulukan tangan kanan.


Strategi untuk melatih kemandirian:

1. Ingat KISS dalam komunikasi

2. Sabar membiarkan, tapi tidak memaksa

3. Terus melatih dengan memberikan semangat jika Vito bisa.


 Sukses apa aku hari ini?

Alhamdulillah, aku bisa membuatnya mandi sendiri dan pakai baju dengan benar.


Tantanganku hari ini:

Masih ada rasa tidak sabar saat Vito melakukannya dalam waktu lama.

 

Ingin sukses apa esok hari?

Rencana esok hari ialah ingin melatih kemandirian Vito dalam hal makan. Membiasakan dia makan sendiri tanpa harus disuruh atau ditawari dulu. Kemudian makan sendiri tanpa disuapi.


 Rasaku hari ini:

Alhamdulillah, aku merasa BAHAGIA bisa membuat Vito mandi dan pakai baju sendiri.


Respon ponakan:

Alhamdulillah, dia hari ini bersemangat. Saat pakai baju pun tanya, mana tangan kanan dan yang kiri. Bahkan setelah mandi, dia minta dibelikan pasta dan sikat baru.

 

Bismillah, semoga esok bisa belajar lebih baik lagi dan berhasil mewujudkan rencana hari ini. Aamiin. Don’t teach me, I love to learn.

  

#harike11

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

#banyumasraya

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal Usul Burung Walet

Pelatihan Jurnalistik

Ibu Wajib Mengajarkan Al Fatihah Kepada Anaknya