CONTOUR

 

CONTOUR
 

Alhamdulillah, masuk hari kedua. Aku belajar lagi tentang membuat desain sederhana. Semalam, tutor tercinta mengajari tentang effect pada teks. Materi yang sesuai dengan rencana yang kutulis pada worksheet kemaren.

“Mas, belajar lagi, yuk. Aku mau buat flyer undangan selebrasi,” ajakku pada suami setelah makan malam.

“Mulailah dari awal, Dik,” kata suami.

Aku pun membuka lembar dokumen baru.Klik menu file dan pilih new. Kemudian memberi judul dokumen, memilih ukuran media yaitu A4, mengisi ukurannya dalam satuan centimeter. Tak lupa memilih warna dasar yang akan kupakai.

“Aku pilih RGB saja, Mas.”

“Ya enggak apa-apa.”

Setelah lembar kerja terbuka, aku mulai menggambar kotak bantuan lewat ikon rectangle tool. Fungsinya sebagai garis bantu agar kelihatan setiap sudutnya saat memasukkan objek gambar. Setelah itu, aku mencari wallpaper yang sesuai dan memasukkannya dalam media.

Selesai membuat latar background, aku mulai menulis teksnya. Untuk judul, aku ingin model tulisannya melengkung.

“Mas, judulnya dibuat lengkung, ya?”

“Klik Ellipse tool dan gambar. Kalau sudah diatur masukkan objeknya ke posisi yang diinginkan. Setelah itu, klik objek, tekan shift, dan klik tulisannya,” instruksi sang tutor.

Aku melakukan apa yang disampaikan suami. Setelah dirasa posisi pas dan jenis font sudah dipilih, aku bertanya langkah selanjutnya.

“Sekarang klik menu text dan pilih fix text to path, Dik. Kalau sudah, klik menu object dan pilih break apart.” Suami dengan sabar menuntunku.

“Alhamdulillah, jadi, Mas,” ucapku bahagia.

Aku melanjutkan serunya belajar coreldraw hingga flyer selesai, tapi belum sempurna. Masih ada beberapa hal yang belum dimasukkan ke dalamnya sepertwaktu dan link yang dibutuhkan.

Pelajaran malam pun selesai. Kami saling melempar senyum bahagia dan kuakhiri dengan ucapan terima kasih setulusnya.

Nah, siang ini, suami tidak di rumah. Ia pergi ke masjid untuk menunaikan ibadah shalat Jumat. Namun, setelahnya akan singgah ke rumah orang tuanya. Jadi, siang ini aku nekat untuk belajar coreldraw sendiri.

Aku akan membuat flyer baru tentang undangan selebrasi dari regional. Semua langkah-langkah semalam yang kupelajari berhasil dipraktikkan. Setelah puluhan menit berlalu, aku berhasil membuatnya.

Alhamdulillah, aku sudah bisa menggabung beberapa gambar background, membuat model dan mengedit tulisan, serta menambah gambar. Namun, aku membutuhkan ikon contour untuk memberikan effect dua warna pada tulisan.

Yap! Aku tak tahu contour di mana. Padahal semalam sudah menggunakannya. Seingatku, icon itu berada di sebelah kiri lembar kerja. Bentuknya seperti sebuah gelas miring. Sayangnya, aku tak berhasil juga untuk menemukannya.




Oke, aku akhiri desainku dan menunggu tutor tercinta sampai di rumah. Tentu berkas CRD itu telah kusimpan lebih dulu agar nanti dengan mudah untuk melanjutkannya. Sekarang saatnya menuliskan saja hasil kemandirian hari ini. Berikut hasilnya, sobat petualang:


TEMUANKU:
Aku tidak mandiri dalam hal mencari ikon contour untuk memberi effect dua warna pada tulisan.
Target kemandirian yang ingin dilatihkan adalah setidaknya aku bisa menyelesaikan flyer desainku sendiri tanpa bantuan tutor lagi.


Srong why:
aku ingin melatih kemandirian ini karena aku ingin bisa membuat desain dengan aplikasi coreldraw secara mandiri.


Strategi untuk melatih kemandirian:
1. Meminta bantuan suami sebagai tutor
2. Mencatat hal yang sudah dipelajari
3. berlatih dan terus berlatih agar terampil


Sukses apa aku hari ini?
Alhamdulillah, aku sudah bisa membuat desain flyer sederhana sendirian meski masih ada tantangan dengan effect teks.


Tantanganku hari ini:
Aku tidak berhasil menemukan icon contour untuk memberi warna pada outline tulisan.


Ingin sukses apa esok hari?
Besok, aku ingin bisa menyelesaikan desain flyer lagi sendiri dan menambahkan gambar di dalamnya serta menggabungkan dengan background.


Rasaku hari ini:
Alhamdulillah, aku merasa BAHAGIA sudah berhasil membuat desain sederhana meski belum sempurna.


Bismillah, semoga esok bisa belajar lebih baik lagi dan berhasil mewujudkan rencana hari ini. Aamiin. Don’t teach me, I love to learn.

 

#harike2

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

#banyumasraya

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal Usul Burung Walet

Pelatihan Jurnalistik

Ibu Wajib Mengajarkan Al Fatihah Kepada Anaknya