Pelatihan Jurnalistik

 Pelatihan Jurnalistik sebagai Gebrakan Syiar Digital


Sumber: Panitia (MPI PDM Kebumen)


"Muhammadiyah sebagai organisasi yang besar dan kaya, apakah akan sanggup bertahan di era digital 5.0 ini?" Pertanyaan yang menggelitik ini disampaikan oleh Estria Nurjanah selaku Ketua Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), Kebumen. (Minggu, 8 Oktober 2023)

Sebagai solusi dari pertanyaan tersebut maka digelarlah Pelatihan Jurnalistik dan Media Digital oleh MPI PDM Kebumen yang bertempat di Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Gombong, tepatnya di Ruang Kuliah 1 lantai 2. Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat terbukti dengan hadirnya peserta dengan jumlah 150 orang, melebihi target yang telah ditentukan. Peserta pun beragam mulai dari perwakilan ortom muhammadiyah, guru dan pelajar, serta masyarakat umum yang berasal dari Kebumen ujung timur sampai barat.

Sumber: Koleksi Ida Purwati, peserta Pelatihan Jurnalistik

Hadir pemateri dalam acara ini yaitu Hafied Abdul Aziz selaku wartawan Jawa Pos dan Radar Jogya, serta Ganjar SH selaku wartawan Suara Muhammadiyah. Kedua pemateri tidak hanya memberikan teori secara lisan saja, tetapi peserta diajak praktik langsung dalam tata olah penulisan berita yang berkualitas serta bagaimana mengemasnya dalam tampilan yang apik dan menarik. 

Sumber: Koleksi Merlin NS, peserta Pelatihan Jurnalistik

"Saya malah ingin mendalami pelatihan jurnalistik ini lagi, rasanya tidak cukup hanya ikut sekali," papar Isro, salah satu peserta yang berasal dari Puring, Kebumen.

Tujuan dari Pelatihan Jurnalistik dan Media Digital ini memang diharapkan tidak selesai sampai hari ini saja, tetapi akan berkelanjutan dengan tumbuhnya jurnalis-jurnalis muda berkualitas sekaligus cerdas berteknologi.

"Memang diharapkan dengan pelatihan ini akan banyak kader-kader muhammadiyah yang menyebarkan dakwahnya secara luas melalui teknologi. Jadi, kita akan memiliki jaringan besar yang terintegrasi satu sama lain dalam berdakwah," ungkap Novan Rifki Susantyo, selaku Ketua PDM Kebumen Bidang MPI.

Sumber: Koleksi Merlin NS, peserta Pelatihan Jurnalistik

Acara pada hari ini pun pecah dengan hadirnya pemateri ketiga yaitu Waldiantoro, A.Md, salah satu anggota MPI yang memaparkan tentang Multimedia Terapan. Peserta diajak praktik membuat infografis menarik melalui aplikasi Canva. Berbagai design apik dan lucu pun langsung direview oleh pemateri dan semakin mengundang antusiasme peserta dalam proses belajarnya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal Usul Burung Walet

Ibu Wajib Mengajarkan Al Fatihah Kepada Anaknya