Sahabat Maya Dekat Dalam Doa

Sahabat Maya Dekat Dalam Doa



Assalamu’alaikum sobat Pelangi … kita masih bertemu dalam edisi ramadhan berbagi inspirasi. Alhamdulillah, sudah memasuki hari keempat berpuasa, semoga lancar sampai akhir ya ukhti, akhi ….


Nah, saya mau tanya nih, boleh ya? Siapa di sini yang memiliki sahabat dunia maya? Pasti semua punya kan? Atau jangan-jangan malah dapat jodoh dari media sosial lagi, hehe …. Namanya juga media sosial pasti untuk berkomunikasi antar sahabat dan mencari informasi yang berhubungan dengan lain hal. Bahkan bisa digunakan sebagai media sosialita.


Sosialita yang bagaimana?  Sosialita bisa diartikan sebagai orang penting atau yang berpengaruh. Seberapa pentingkah pengaruh keberadaanmu di dunia maya? Apakah statusmu sering dinanti teman-teman atau dunia maya hanya sebagai tempat pamer foto dan nyinyir saja?


Well, berapa persenkah dari jumlah pertemananmu yang aktif menanggapi status dan keberadaanmu di dunia maya? Apakah mereka hanya teman-teman dekat dan tetangga sekitar, atau banyak juga kenalan di lain daerah yang belum pernah bertemu sebelumnya?


Manfaatkanlah keberadaan media sosial sebaik-baiknya. Gunakanlah sebagai media berkomunikasi yang baik untuk menebar manfaat agar memotivasi dan menginspirasi teman-teman. Bertemanlah dengan siapa saja agar selalu menjalin tali silaturahmi dan untuk saling bertukar wawasan pengetahuan.


Seperti nasihat lama yang berpesan, bertemanlah engkau dengan penjual minyak wangi agar ikut tertular harumnya. Artinya, bertemanlah dengan orang-orang yang baik agar engkau menjadi baik. Namun, bukan berati engkau harus membatasi ruang dalam bergaul. Boleh saja berteman dengan semua orang asal bisa menjaga diri dan tidak ikut terbawa arus yang buruk.


Berteman dengan orang-orang yang baik, walaupun dalam dunia maya pasti ada pengaruh yang mampu mengubah hidup kita. Dunia maya menyediakan stok teman yang beraneka ragam latar belakang dan kepribadiannya. Pilihlah yang baik-baik dengan tujuan agar engkau menjadi baik.
Seperti saya sendiri yang memiliki banyak daftar pertemanan baru sejak tahun lalu. Mereka adalah orang-orang hebat yang saya kenal dari sebuah komunitas menulis. Berasal dari berbagai daerah di nusantara dengan latar profesi yang berbeda-beda, berkumpul menjadi satu dalam sebuah komunitas. Lambat laun hubungan kami sudah seperti keluarga dan kerabat dekat.


Kami memang belum pernah bertemu, tapi intensitas dalam menjalin komunikasi mampu membuat  kami bisa lebih dekat mengenal pribadi masing-masing. Hingga hampir setahun kami berkenalan, banyak perubahan baik yang terjadi dalam hidup kami. Setiap hari saling memberi motivasi, nasihat, juga saling mendoakan satu sama lain. Alhasil, saat satu teman sedang terpuruk maka yang lain terus memberikan support agar segera bangkit. Dukungan dan doa tuluslah yang mampu membimbing kami saat masalah keluarga atau teman mengundang.



Impian setiap teman masing-masing mulai terwujud. Kini hampir seluruh teman kami memiliki buku dan memiliki bisnis untuk membantu keluarga. Kami adalah writer preneur dan mompreneur yang bersosialita. Saling menebar inspirasi dan manfaat kebaikan di media sosial agar orang lain ikut menjadi lebih baik.


So, dunia maya bukan saja tempat nongkrong status lebay dan foto-foto selfie narsis. Kami bisa membuktikan bahwa dunia maya adalah kehidupan yang mengiringi dunia nyata untuk terus berubah menjadi lebih baik, saling berbagi dan menginspirasi. Media social menjadi alat belajar menambah ilmu dan amal kebajikan.



Untuk itu, sudah saatnya kita menggunakan sosial media dengan bijak. Jangan digunakan sebagai alat penebar hoax yang hanya mengganggu kehidupan orang lain. Bertanggungjawablah dengan baik agar menjadi salah satu amal ibadah yang diterima Allah saat hari perhitungan kelak. Aamiin.

#Elmila
#RamadhanBerbagiInspirasi
#FLPGresik
#Day4

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal Usul Burung Walet

Pelatihan Jurnalistik

Ibu Wajib Mengajarkan Al Fatihah Kepada Anaknya