Hari Jumat yang Mulia

Hari Jumat yang Mulia



Assalamu'alaikum sobat pelangi....
Puasa kedua langsung bertemu hari Jumat, Alhamdulillah, banyak pahala yang akan diberikan Allah pada amalan ibadah kita. Yuk, berlomba-lomba dalam kebaikan di hari Jumat! Mengapa harus hari Jumat? Karena hari Jumat itu mulia. Mau tahu kenapa? Please, continue to read.


Baiklah, hari ini saya akan mengulas satu hari yang istimewa bagi umat muslim. Hari yang hanya ada satu dalam Al Quran, menjadi nama surat ke- 62 dengan jumlah sebelas ayat. Surat yang diturunkan di kota Madinah, setelah Rasulullah SAW hijrah. Ialah surat Al Jumu'ah atau hari Jumat.


Dalam surat ini, Allah menerangkan bahwa apa yang ada di langit dan di bumi senantiasa bertasbih kepada-Nya. Allah Maharaja, Mahasuci, Maha Perkasa, lagi Maha Bijaksana. Allah memberikan karunia kepada siapa saja yang dikendaki.


Allah memerintahkan kepada orang-orang beriman untuk melaksanakan shalat Jumat, dan meninggalkan jual beli. Karena yang demikian itu lebih baik jika kita mengetahui. Setelah selesai shalat, barulah Allah mengizinkan kita untuk kembali mencari rezeki-Nya dengan tetap mengingat Allah agar mendapat kebaikan dan keberuntungan.


Sungguh begitu istimewanya hari Jumat, bukan? Ya, pada hari ini manusia pertama kali diciptakan dan menghuni surga, kemudian dikeluarkan, dan diwafatkan pula pada hari Jumat. Hari kiamat pun tidak akan terjadi selain hari Jumat.


Rasulullah SAW berseru kepada umatnya untuk memperbanyak shalawat kepada beliau di hari Jumat. Karena hari ini pun dijadikan sebagai hari raya yang lebih besar daripada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Memperbanyak mengamalkan ibadah wajib maupun sunah, karena pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah.


Pada hari ini banyak amalan yang bisa kita kerjakan seperti memperbanyak shalawat, dzikir, membaca Al Quran terutama surat Yasin, Al Kahfi, Al Waqi'ah, dan Al Mulk. Mandi sunahlah di hari Jumat dan potonglah kuku serta rambut (bagi kaum pria). Bahkan, apabila kita berdoa di waktu tertentu di hari Jumat, maka Allah akan mengabulkan doanya. Yaitu ketika duduk di antara dua khutbah shalat Jumat dan pada waktu selepas ashar sampai sebelum maghrib. Waktu yang singkat sekali untuk mendirikan shalat dan berdoa kepada Allah.


Untuk itu, bersyukurlah kita sebagai muslim yang bertemu hari Jumat. Sayangi dan manfaatkanlah hari Jumat sebaik-baiknya, agar kita mendapat berkah dan rida Allah. Muliakanlah hari Jumat dengan memperbanyak bacaan shalawat dan doa-doa. Semoga Rasulullah SAW memberikan syafaatnya kepada kita di alam akhirat nanti. Aamiin Allahuma Aamiin.


Ingatlah, hari raya umat Islam menngawali dua hari raya lainnya yaitu Sabtu untuk Yahudi dan Minggu untuk Nasrani. Namun, walaupun hari raya kita tercipta terakhir, di akhirat nanti menjadi hari yang paling awal dipanggil kaumnya untuk bertemu Allah sebelum umat yang lain. Wallahu'alam.




#Elmila
#RamadhanBerbagiInspirasi
#FLPGresik
#Day2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal Usul Burung Walet

Pelatihan Jurnalistik

Ibu Wajib Mengajarkan Al Fatihah Kepada Anaknya