"AS PELANGI" (Ini Aliran Rasaku)


"AS PELANGI"
(Ini Aliran Rasaku)




Aliran rasa. Inilah yang akan aku bagikan kepada sahabat salihah semua mengenai penyelaman di samudra matrikulasi batch 8 Institut Ibu Profesional. Walaupun di rumah saja, aku tetap belajar ilmu-ilmu yang isinya daging semua. Tentunya lezat dan bergizi, ya?

Selama empat kali penyelaman, aku harus berjuang menemukan permata. Apresiasi yang bisa diperoleh setelah berhasil menyelesaikan misi tepat waktu. Tentu banyak sekali perasaan yang timbul setiap kali memecahkan satu misi. Maka, aku berani mengatakan bahwa pada aliran rasa kali ini, aku menyebutnya sebagai “AS PELANGI” yang beraneka warna dan nano-nano rasanya.

Apakah “AS PELANGI” itu? Bagiku ialah; “Aku berSyukur dan Pasti ELing, Aku akaN bahaGIa.”


Ø  Aku Bersyukur
Alhamdulillah, aku bersyukur bisa bertahan sampai ke misi penyelaman samudra matrikulasi batch 8 IIP.
Banyak ilmu, pengalaman, dan pelajaran yang aku dapatkan. Di antaranya yaitu:

1.      Telah berhasil mencari makna IP dalam diri, yaitu aku harus bisa menjadi EMBUN bagi keluarga. Menjadi seorang perempuan, istri, dan calon ibu yang bisa menebar kesejukan juga kebahagiaan di dalam keluarga.

2.     Berhasil menemukan Core Value IP untuk mengenal potensi diri yaitu tentang skala prioritas dan tujuan dalam belajar. Jadi, sekarang aku bisa belajar dengan fokus terhadap ilmu yang harus dipelajari, ditingkatkan, dilatih, dan dibagi. Mulai berani mengatakan; “Hal itu menarik, tapi maaf, aku tidak tertarik”, sehingga bisa belajar, berkembang, berkarya, berbagi, dan berdampak lebih baik lagi.

3.     Bisa menemukan kekuatan karakter moral IP dalam diriku untuk menghadapi tantangan hidup. Yaitu, I know, I Can be Better! Dengan kekuatan karakter moral ini, aku akan melompat lebih tinggi lagi untuk meraih impian. Khususnya harus lebih baik lagi dalam hal manajemen emosi dan pengambilan keputusan.

4.     Aku berhasil menyelami diriku untuk menemukan jati diri. Ya, siapakah aku sebenarnya? Dengan misi Connecting the Dots, akhirnya kutemukan piramida IP dalam diri. Kini aku menyatakan bahwa diriku adalah seorang yang berkemauan keras, tidak mudah mengendalikan emosi dan mengambil keputusan, tapi di sisi lain memiliki nilai sosial yang tinggi. Peduli dan toleransi dengan lingkungan sekitar. Mampu dalam hal menulis, menyunting naskah, public speaking, dan memiliki sertifikat kompeten sebagai pemandu ekowisata.

Ø  Pasti Eling, Aku Akan Bahagia
Satu hal yang pasti. Setelah belajar di IIP, aku menjadi semakin eling (percaya pada skenario-Nya), bahwa aku akan bahagia menjalani setiap peran baik sebagai perempuan, istri, dan calon ibu.

Aku bahagia, bisa mengenal, memahami, dan menemukan potensi juga jati diri yang ada dalam diri. Suami pun mengatakan tentang “siapa aku” di matanya. Hal ini berhasil menumbuhkan visi dan misi hidup untuk diraih, pada hal apa aku harus belajar lagi, hingga kekuatan apa yang kumiliki untuk menghadapi persoalan hidup.

Penyelaman di samudra matrikulasi membuatku semakin eling dan tahu apa yang harus kulakukan untuk terus memperbaiki diri. Bagaimana cara agar aku bahagia menjalani peran sehingga selalu bersinar dalam keluarga.

Alhamdulillah, aku berhasil mengumpulkan sesuatu yang berharga dalam diri selama penyelaman samudra matrikulasi. Selain itu, berhasil mengumpulkan empat permata istimewa sebagai bekal melanjutkan pembelajaran di kelas matrikulasi batch 8 IIP.
Empat permata tersebut yaitu:

1.     MISI PENCARIAN MAKNA




2.    MISI MENEMUKAN CORE VALUE IP



3.    MISI MENEMUKAN KEKUATAN KARAKTER MORAL IP



4.    MISI CONNECTING THE DOTS; PIRAMIDA IP


Jadi, itulah aliran rasa yang bisa kubagikan kepada sahabat semua. Semoga menambah wawasan dan ilmu pengalaman dariku. Terima kasih IIP.


 

Salam seluas samudra!

#navigasidanberaksi
#matrikulasibatch8
#institutibuprofesional
#belajardarirumah
#banyumasraya


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal Usul Burung Walet

Pelatihan Jurnalistik

Ibu Wajib Mengajarkan Al Fatihah Kepada Anaknya