WARNA WARNI ANTOLOGI (4)


PHOBIA
(Antologi Cerita Pendek; Penerbit Rosiebook; Tasikmalaya; 2017)

Mengangkat kisah-kisah nyata dari berbagai jenis fobia.
Karya penulis terpilih dalam event menulis dengan tema “Phobia.”

***

Tiga puluh lima judul cerita pendek terpilih untuk mengisi buku berjudul ‘Phobia.’ Bagaimana pun sosok dan penampilan seseorang, pastilah ada sisi lemah dari semua kelebihan yang ditonjolkan. Phobia ... satu kata sederhana yang mampu membawa ketakutan berlebih akan suatu hal.

Seperti aku yang membenci gelap karena tak ada satu pun cahaya di sana. Dari situlah, muncul keinginan dan tekad dalam hati untuk menjadi bintang, walaupun kecil, tapi memiliki sinar sendiri yang indah dan mampu menerangi malam dengan kerlip-kerlipnya.




Lain lagi dengan abang sulungku yang takut akan ketinggian. Semua itu tak ada yang salah dan tak ada yang perlu disalahkan. Untuk menghargainya, kutuliskan kisahnya agar abadi dalam lembaran kertas penuh rangkaian aksara dalam buku berjudul ‘Phobia’ ini.

Suatu kenangan langka, saat dirinya harus menempuh jarak menuju Solo dengan sepeda motornya untuk menyaksikan kelulusan putri sulungnya. Saat itu, pagi buta ia sudah berpamitan dengan istri dan melawan udara dinginnya pagi.

Namun sayang, niat hati mempercepat perjalanan dengan memilih jalur melewati fly ove, nyatanya yang terjadi adalah rasa pusing disertai keringat dingin yang membanjiri tubuh. Ya, tak pelak lagi, ia takut dengan ketinggian.

Sayangnya, satu masalah untuk mengatasi phobianya belum kelar, ditambah masalah lain bertemu polisi lalu lintas. Niat hati ingin bertanya agar tidak sesat di jalan, tapi yang ada kena tilangan. Oh, oh, oh, makin pusing itu kepala abang.

Lantas, bagaimana kelanjutan dari ceritanya? Rangkaian kisah phobia memberikan pelajaran kepada kita bahwa apa pun dan bagaimna pun kondisi dan kelemahan seseorang, maka kita harus menghargai dan menghormatinya. Beberapa kisah yang menggelitik, tapi tetap memberi makna kehidupan. Adapula kisah sedih mengharukan yang mengajak kita untuk bertindak hati-hati dan tetap waspada.

Inilah “PHOBIA”, antologi cerita pendek yang siap memberikan tuangan ilmu dan pembelajaran hidup.
***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal Usul Burung Walet

Pelatihan Jurnalistik

Ibu Wajib Mengajarkan Al Fatihah Kepada Anaknya