PENJELAJAH SAMUDRA


PENJELAJAH SAMUDRA
Oleh: Merlin Nursmila

Sumber: Website IIP



Bismillahirrohmanirrohiim.
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barrakatuh.

Salam kenal sahabat salihah hebat yang senantiasa dimuliakan Allah. Saya seorang pembelajar yang siap membentangkan layar untuk menjelajah samudra matrikulasi batch 8. Alhamdulillah, orang tua menyematkan nama Merlin Nursmila sejak lahir sebagai doa dan harapan dan mereka biasa memanggil saya dengan sebutan Elin.

Sumber: Dok. Pribadi

Nah, di sini saya akan memulai penjelajahan di samudra matrikulasi batch 8 dengan menyelesaikan misi yang pertama. Sebelumnya, terima kasih kepada para Widyaiswara (WI) yang telah membekali dengan harta karun berharga sebagai bekal. Untuk itu, izinkanlah saya berbagi sedikit cerita untuk melengkapi tugas ini.

Pada tahun 2018, saya mulai mengetahui keberadaan Ibu Profesional melalui sahabat rasa saudara. Ia adalah Novita Anggun Nur Rahmi, Ibun dari seorang putri istimewa Qiyara Sheena, asal Sidoarjo, Jawa Timur. Postingan-postingan statusnya di media sosial tentang Ibu Profesional membuat saya tertarik dan kepo. Terutama cerita antusiasnya saat belajar di kelas matrikulasi. Sungguh, luar biasa!

Singkat cerita, ia menginformasikan bahwa Ibu Profesional membuka pendaftaran mahasiswa baru pada bulan November 2019. Setelah berselancar mencari informasi di website Ibu Profesional dan stalking akun media sosialnya, saya semakin tertarik dan membulatkan tekad untuk mendaftar. Alhamdulillah, diterima. Saya pun memilih bergabung dengan Ibu Profesional regional Banyumas Raya. Pertimbangannya karena jarak yang lebih dekat dari Kebumen juga adanya kesamaan unsur latar belakang budaya. Berharap, apabila ada kegiatan offline, maka saya bisa ikut berpartisipasi.

Pada pertengahan bulan November 2019, seluruh mahasiswa baru wajib mengikuti pembelajaran pada materi foundation selama lima pekan. Foundation Ibu Profesional merupakan gerbang awal bagi ibu dan calon ibu yang ingin belajar di Ibu Profesional. Ada empat tujuan dari kelas ini yaitu:
  • *      Untuk mengenal Ibu Profesional lebih dekat
  • *      Memahami value Ibu Profesional
  • *      Memilih jalur belajar sesuai kebutuhan dan passion
  • *      Bahagia berkomunitas di Ibu Profesional

Setelah selesai mengikuti materi foundation, saya paham bahwa Institut Ibu Profesional (IIP) adalah tempat yang benar. Hal ini sejalan dengan niat awal untuk belajar lebih baik lagi dalam mengenal siapa diri saya dan bagaimana cara menjalani peran sebagai istri yang baik dan disayang suami. Selain itu, ada keinginan tulus agar bisa belajar mempersiapkan diri menjadi seorang ibu yang bisa menjadi sekolah pertama bagi anak-anak kelak. Menemani tumbuh kembang anak dengan bahagia dengan cara-cara yang luar biasa. Hingga akhirnya bisa menjadi perempuan bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan. Aamiin.

Saya juga tahu, IIP adalah tempat yang baik karena di sini memiliki aturan yang tegas. Bahwa semual hal boleh kecuali yang tidak boleh. Ada adab yang harus dimiliki setiap mahasiswa agar kondisi nyaman selalu terjaga. IIP juga memiliki tujuan, value, dan karakter yang jelas. Sehingga, saya sebagai pembelajar akan menerima hal-hal baik yang bermanfaat dalam menjalani peran kehidupan sebagai perempuan.

IIP merupakan tempat yang bermanfaat sebagai wadah berkumpulnya wanita-wanita hebat baik dari Indonesia maupun mancanegara. Semuanya siap berbagi ilmu dan pengalaman yang luar biasa. Saling belajar dan berbagi, tanpa menggurui atau merasa benar sendiri. IIP merupakan wadah yang tepat dan bermanfaat bagi para ibu ataupun calon ibu untuk belajar dari rumah.

Sumber: FB Grup Matrikulasi Batch 8

Maka, dari beberapa ragam kegiatan yang ada di IIP, saya memilih Kelas Institut Ibu Profesional. Rasanya ingin menantang diri untuk menjadi lebih baik dan lebih disiplin dalam menjalani peran dalam kehidupan. Mengharap ilmu dan bimbingan dari Widyaiswara (WI) agar saya bisa menjelajah di samudra matrikulasi dengan baik sehingga bisa menjadi pembelajar tangguh. Hingga akhirnya berhasil mewujudkan visi misi dan berhak melanjutkan ke tingkat berikutnya. Aamiin.


Salam seluas samudra!
Terima kasih.
Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barrakatuh.


Sumber: FB IP Banyumas Raya


#navigasidanberaksi
#matrikulasibatch8
#institutibuprofesional
#belajardarirumah





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal Usul Burung Walet

Pelatihan Jurnalistik

Ibu Wajib Mengajarkan Al Fatihah Kepada Anaknya